Jumat, 18 April 2008

spiritual tour


hay setelah lama ga posting akhirnya saya mesti kembali untuk menulis beberapa hal yang ingin saya ungkapkan di blog masjid attaqwa pandana merdeka.
besok rencananya takmir akan mengadakan ziarah ke maqam sunan ampekl di jawa Timur, maka dari itu saya ingin menulis tentang ziarah.

peserta rencananya adalah sejumlah 70 orang dengan 10 wanita yang lain pria ditambah sopir dan ajudan berarti 73 anak-anak ga diitung. dari ke 73 orang peserta ada beberapa remaja yaa sekitar 5 dan termasuk saya.
itu prediksi saya saja sebeb kita belum tau secara keseluruhan sehingga minggu depan anda harus membuka blog ini lagi untuk dapat mengetahui laporan saya secara lebih mendalam.

biasanya sih sebelum mengadakan ziarah ke tempat lain maka yang akan ditujupertama kali adalah makan suinan kali sebagai juru kunci keilmua jawa. saya yakin juga besok akan sungkem dulu ke sunan kali, jika tidak ingin disebut nglewah dari padatan.

kembali ke topik awal bahwa tour kali ini didanai oleh KH Endro sebagai ketua takmir. be positif ini adalah uang pribadi yang di hibahkan sebagai sarana mempererat ketakmiran dengan masyarakat.

saya tidak tahu masalah makan nanti saya yakin tetap ada, walau sekali karena hanya akan dilaksanakan satu hari saja jadi malam senin sudah ada dipandana lagi.
jadi rencananya minggu pagi peserta berkumpul dan berangkat sebelum jam 6, tempat utama yang mejadi sasaran tujuan adalah ngampel. paling jauh. selanjutnya adalah yang dilewati yang diampiri. (maaf).

ziarah kubur adalah bentuk rasa cinta dan bhakti kita kepada orang yang telah berjasa menyebarkan agama islam di negeri jawa(saya sengaja tisak menyebut indonesia).
apa yang dilakukan peziarah di maqam
1. membaca doa, berdzikir.
2. membaca yasin dan tahlil.
3. nyekar
4. ngalap berkah.
5. minta didoakan (karena dalam beberapa versi pendapat wali-wali ini memiliki kedekatan dengan Allah sehingga wasilah waliyulah ini menjadi jalan terkabulnya doa.)
6. meminta doa restu
ini paling banyak dilakukan oleh mereka -mereka yang memiliki hajat, baik itu jodoh, nikah, pingin kaya, mau ujian, pingin jadi PNS, dll.)
7. sekedar pingin tahu, karena memang belum tau maqam-maqam ini mereka hanya sekedar mempernahkan diri, agar menjadi pernah mengunjungi tempat yang dimana sebagian orang pernah mengunjunginya sehingga jika belum pernah maka tidak punya cerita tentang tempat yang dimaksud.
8 dll maka masih banyak maksud yang tidak terinventarisir.

ziarah adalah bentuk dzikir maut ingat kepada ajal sehingga dalam beberapa waktu kemudaian menjadi orang baik yang taat beragama dalam rangka mempersiapkan diri untuk menemui Allah setelah melewati pintu kematian. jadi dengan berziarah kita diingatkan untuk mati, bahwa yang hidaup akan mati dan menjadi tumpukan tanah dimakan cacing.

raulullah pernah melarang karena khawatir akan terjadi penyembahan terhadap kuburan, maka setelah mantapnya keimana umat islam rasul pun memperbolehkanya.

saya yakin dalam setiap ziarah tidak ada unsur kemusyrikan yang ada karena semua dilakuka dalam rangka mengingat Allah dan mendoakan ulama yang telah meninggal untuk mengenang jasanya. msebagai nrasa cinta kepada yang telah tiada.

saya pikir itu dahulu saja pemikiran ini semoga bermanfaat.


pojokan kampus IAIN.
19 April 2008.

Tidak ada komentar: